Source Code Membuat Polygon Warna Warni
#include <GL/glut.h>//file header ini mengandungi semua arahan bagi Open GL Utility Kit
void renderScene();//rendering function
int main(int argc, char* argv[])// init GLUT and buat window, register callbacks, enter GLUT event processing cycle
{
// inisialisasi GLUT dan membuat window
glutInit(&argc, argv);//mengatur pembuatan window
glutCreateWindow("Polygon");//membuat dan mengontrol jendela dengan judul “Polygon”
glutDisplayFunc(renderScene);//menampilkan callback
glutMainLoop();//event yang menandakan pemrosesan glut terjadi
return 0;
}
void renderScene()//rendering function
{
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);//Membersihkan semua pixel di buffer(clear all pixels)
glBegin(GL_POLYGON);//untuk membuat gambar yang menyerupai bangun ruang (seperti : kotak, trapesium, segitiga, dll)
glColor3f(0.0f, 1.0f, 0.0f);//Warna latar muka
glVertex2f(-0.5f, -0.5f);//Lokasi titik berada (x,y)
glColor3f(1.0f, 0.0f, 0.0f);//Warna latar muka
glVertex2f(-0.75f, 0.0f);//Lokasi titik berada (x,y)
glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f);//Warna latar muka
glVertex2f(-0.5f, 0.5f);//Lokasi titik berada (x,y)
glColor3f(1.0f, 1.0f, 0.0f);//Warna latar muka
glVertex2f(0.0f, 0.75f);//Lokasi titik berada (x,y)
glColor3f(0.0f, 1.0f, 1.0f);//Warna latar muka
glVertex2f(0.5f, 0.5f);//Lokasi titik berada (x,y)
glColor3f(1.0f, 0.0f, 1.0f);//Warna latar muka
glVertex2f(0.75f, 0.0f);//Lokasi titik berada (x,y)
glColor3f(0.5f, 0.5f, 0.5f);//Warna latar muka
glVertex2f(0.5f, -0.5f);//Lokasi titik berada (x,y)
glColor3f(1.0f, 1.0f, 1.0f);//Warna latar muka
glVertex2f(0.0f, -0.75f);//Lokasi titik berada (x,y)
glEnd();
glFlush();
}
Ini Hasil Runningnya>>
nb : Jangan lupa untuk mengadd libfreeglut dan libopengl32 nya yaa...

Source Code Membuat Segitiga
#include <GL/glut.h>//file header ini mengandungi semua arahan bagi Open GL Utility Kitvoid renderScene();//rendering function
int main(int argc, char* argv[])// init GLUT and buat window, register callbacks, enter GLUT event processing cycle
{
//Deklarasi window size, position, dan display mode(single buffer and RGBA).
//Pemanggilan routin inisialisasi.
//Memanggil fungsi untuk manampilkan objek di layar
glutInit(&argc, argv);//mengatur pembuatan window
glutCreateWindow("Segitiga");//membuat dan mengontrol jendela dengan judul “Segitiga”
glutDisplayFunc(renderScene);//menampilkan callback
glutMainLoop();//event yang menandakan pemrosesan glut terjadi
return 0;
}
void renderScene()//rendering function
{
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);//Membersihkan semua pixel di buffer(clear all pixels)
glColor3f(1.0, 0.1, 1.0);//Warna latar muka
glBegin(GL_TRIANGLES);//segitiga
glVertex2f(-0.5f, -0.5f);//Lokasi titik berada (x,y)
glVertex2f(0.5f, -0.5f);//Lokasi titik berada (x,y)
glVertex2f(0.0f, 0.25f);//Lokasi titik berada (x,y)
glEnd();
glFlush();
}
Source Code Membuat Titik-titik
#include <GL/glut.h>//file header ini mengandungi semua arahan bagi Open GL Utility Kit
void renderScene();//rendering function
int main(int argc, char* argv[])// init GLUT and buat window, register callbacks, enter GLUT event processing cycle
{
glutInit(&argc, argv);//mengatur pembuatan window
glutCreateWindow("Titik-titik");//membuat dan mengontrol jendela dengan judul “Titik-titik”
glutDisplayFunc(renderScene);//menampilkan callback
glutMainLoop();//event yang menandakan pemrosesan glut terjadi
return 0;
}
void renderScene()//rendering function
{
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);//Membersihkan semua pixel di buffer(clear all pixels)
glBegin(GL_POINTS);//titik
glVertex3f(-0.2f, -0.2f, 0.0f);//Lokasi titik berada (x,y,z)
glVertex3f(-0.5f, 0.5f, 0.0f);//Lokasi titik berada (x,y,z)
glVertex3f(-0.2f, 0.8f, 0.0f);//Lokasi titik berada (x,y,z)
glVertex3f(-0.5f, 0.2f, 0.0f);//Lokasi titik berada (x,y,z)
glVertex3f(0.2f, 0.8f, 0.0f);//Lokasi titik berada (x,y,z)
glVertex3f(0.8f, 0.8f, 0.0f);//Lokasi titik berada (x,y,z)
glEnd();
glFlush();
}
void renderScene();//rendering function
int main(int argc, char* argv[])// init GLUT and buat window, register callbacks, enter GLUT event processing cycle
{
glutInit(&argc, argv);//mengatur pembuatan window
glutCreateWindow("Titik-titik");//membuat dan mengontrol jendela dengan judul “Titik-titik”
glutDisplayFunc(renderScene);//menampilkan callback
glutMainLoop();//event yang menandakan pemrosesan glut terjadi
return 0;
}
void renderScene()//rendering function
{
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);//Membersihkan semua pixel di buffer(clear all pixels)
glBegin(GL_POINTS);//titik
glVertex3f(-0.2f, -0.2f, 0.0f);//Lokasi titik berada (x,y,z)
glVertex3f(-0.5f, 0.5f, 0.0f);//Lokasi titik berada (x,y,z)
glVertex3f(-0.2f, 0.8f, 0.0f);//Lokasi titik berada (x,y,z)
glVertex3f(-0.5f, 0.2f, 0.0f);//Lokasi titik berada (x,y,z)
glVertex3f(0.2f, 0.8f, 0.0f);//Lokasi titik berada (x,y,z)
glVertex3f(0.8f, 0.8f, 0.0f);//Lokasi titik berada (x,y,z)
glEnd();
glFlush();
}
GL_LINE_LOOP
#include <GL/glut.h>
void renderScene();
int main(int argc, char* argv[])
{
glutInit(&argc, argv);
glutCreateWindow("line loop");
glutDisplayFunc(renderScene);
glutMainLoop();
return 0;
}
void renderScene()
{
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glBegin(GL_LINE_LOOP);
glColor3f(1.0f, 1.0f, 0.0f);
glVertex2f(0.0f, -0.5f);
glVertex2f(-0.75f, 0.25f);
glVertex2f(-0.0f, 0.75f);
glVertex2f(0.0f, 0.75f);
glVertex2f(-0.5f, 0.6f);
glVertex2f(-0.2f, 0.0f);
glVertex2f(0.25f, 0.0f);
glVertex2f(0.4f, 0.0f);
glEnd();
glFlush();
}
void renderScene();
int main(int argc, char* argv[])
{
glutInit(&argc, argv);
glutCreateWindow("line loop");
glutDisplayFunc(renderScene);
glutMainLoop();
return 0;
}
void renderScene()
{
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glBegin(GL_LINE_LOOP);
glColor3f(1.0f, 1.0f, 0.0f);
glVertex2f(0.0f, -0.5f);
glVertex2f(-0.75f, 0.25f);
glVertex2f(-0.0f, 0.75f);
glVertex2f(0.0f, 0.75f);
glVertex2f(-0.5f, 0.6f);
glVertex2f(-0.2f, 0.0f);
glVertex2f(0.25f, 0.0f);
glVertex2f(0.4f, 0.0f);
glEnd();
glFlush();
}
GL_LINE_STRIP
#include <GL/glut.h>
void renderScene();
int main(int argc, char* argv[])
{
glutInit(&argc, argv);
glutCreateWindow("Line Strip");
glutDisplayFunc(renderScene);
glutMainLoop();
return 0;
}
void renderScene()
{
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glBegin(GL_LINE_STRIP);
glColor3f(1.0, 0.1, 1.0);//Warna latar muka
glVertex2f(-0.5f, -0.25f);
glVertex2f(-0.5f, 0.5f);
glVertex2f(-0.75f, -0.1f);
glVertex2f(0.75f, 0.25f);
glVertex2f(0.25f, 0.75f);
glVertex2f(0.25f, -0.5f);
glVertex2f(-0.5f, -0.75f);
glEnd();
glFlush();
}
#include <GL/glut.h>
void renderScene();
int main(int argc, char* argv[])
{
glutInit(&argc, argv);
glutCreateWindow("Line Strip");
glutDisplayFunc(renderScene);
glutMainLoop();
return 0;
}
void renderScene()
{
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
glBegin(GL_LINE_STRIP);
glColor3f(1.0, 0.1, 1.0);//Warna latar muka
glVertex2f(-0.5f, -0.25f);
glVertex2f(-0.5f, 0.5f);
glVertex2f(-0.75f, -0.1f);
glVertex2f(0.75f, 0.25f);
glVertex2f(0.25f, 0.75f);
glVertex2f(0.25f, -0.5f);
glVertex2f(-0.5f, -0.75f);
glEnd();
glFlush();
}
GL_QUADS
#include <gl/glut.h>//file header ini mengandungi semua arahan bagi Open GL Utility Kit
void renderScene();//rendering function
int main(int argc, char* argv[])// init GLUT and buat window, register callbacks, enter GLUT event processing cycle
{
glutInit(&argc, argv);//mengatur pembuatan window
glutCreateWindow("GLquads");//membuat dan mengontrol jendela dengan judul “GLquads”
glutDisplayFunc(renderScene);//menampilkan callback
glutMainLoop();//event yang menandakan pemrosesan glut terjadi
return 0;
}
void renderScene()//rendering function
{
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);//Membersihkan semua pixel di buffer(clear all pixels)
glBegin(GL_QUADS);//segiempat
glColor3f(1.0, 0.1, 1.0);//Warna latar muka
glVertex2f (-0.5f, -0.2f);//Lokasi titik berada (x,y)
glColor3f(1.0f, 1.0f, 1.0f);
glVertex2f (-0.75f, -0.5f);
glVertex2f (-0.2f, -0.3f);
glColor3f(0.1f, 1.0f, 1.0f);
glVertex2f (-0.2f, -0.2f);
glVertex2f (-0.3f, 0.5f);//Lokasi titik berada (x,y)
glVertex2f (-0.5f, 0.2f);
glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f);
glVertex2f (-0.2f, 0.2f);
glColor3f(0.1f, 0.1f, 1.0f);
glVertex2f (-0.1f, 0.5f);
glEnd();
glFlush();
}
void renderScene();//rendering function
int main(int argc, char* argv[])// init GLUT and buat window, register callbacks, enter GLUT event processing cycle
{
glutInit(&argc, argv);//mengatur pembuatan window
glutCreateWindow("GLquads");//membuat dan mengontrol jendela dengan judul “GLquads”
glutDisplayFunc(renderScene);//menampilkan callback
glutMainLoop();//event yang menandakan pemrosesan glut terjadi
return 0;
}
void renderScene()//rendering function
{
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);//Membersihkan semua pixel di buffer(clear all pixels)
glBegin(GL_QUADS);//segiempat
glColor3f(1.0, 0.1, 1.0);//Warna latar muka
glVertex2f (-0.5f, -0.2f);//Lokasi titik berada (x,y)
glColor3f(1.0f, 1.0f, 1.0f);
glVertex2f (-0.75f, -0.5f);
glVertex2f (-0.2f, -0.3f);
glColor3f(0.1f, 1.0f, 1.0f);
glVertex2f (-0.2f, -0.2f);
glVertex2f (-0.3f, 0.5f);//Lokasi titik berada (x,y)
glVertex2f (-0.5f, 0.2f);
glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f);
glVertex2f (-0.2f, 0.2f);
glColor3f(0.1f, 0.1f, 1.0f);
glVertex2f (-0.1f, 0.5f);
glEnd();
glFlush();
}
GL_LINES
#include <gl/glut.h>//file header ini mengandungi semua arahan bagi Open GL Utility Kit
void renderScene();//rendering function
int main(int argc, char* argv[])// init GLUT and buat window, register callbacks, enter GLUT event processing cycle
{
// inisialisasi GLUT dan membuat window
glutInit(&argc, argv);//mengatur pembuatan window
glutInitDisplayMode(GLUT_DEPTH | GLUT_SINGLE | GLUT_RGBA);//permintaan properti untuk jendela (konteks render)
glutCreateWindow("line");//membuat dan mengontrol jendela dengan judul “line”
glutDisplayFunc(renderScene);//menampilkan callback
glutMainLoop();//event yang menandakan pemrosesan glut terjadi
return 0;
}
void renderScene()//rendering function
{
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);//Membersihkan semua pixel di buffer(clear all pixels)
glColor3f(1.0, 0.1, 1.0);//Warna latar muka ( pink )
glBegin(GL_LINES);//objek primitif garis
glVertex3f(-0.25, 0.25, 0.0);//Lokasi titik berada (x,y,z)
glVertex3f(0.75, 0.75, 0.0);//Lokasi titik berada (x,y,z)
glEnd();
glFlush();
}
void renderScene();//rendering function
int main(int argc, char* argv[])// init GLUT and buat window, register callbacks, enter GLUT event processing cycle
{
// inisialisasi GLUT dan membuat window
glutInit(&argc, argv);//mengatur pembuatan window
glutInitDisplayMode(GLUT_DEPTH | GLUT_SINGLE | GLUT_RGBA);//permintaan properti untuk jendela (konteks render)
glutCreateWindow("line");//membuat dan mengontrol jendela dengan judul “line”
glutDisplayFunc(renderScene);//menampilkan callback
glutMainLoop();//event yang menandakan pemrosesan glut terjadi
return 0;
}
void renderScene()//rendering function
{
glClear(GL_COLOR_BUFFER_BIT);//Membersihkan semua pixel di buffer(clear all pixels)
glColor3f(1.0, 0.1, 1.0);//Warna latar muka ( pink )
glBegin(GL_LINES);//objek primitif garis
glVertex3f(-0.25, 0.25, 0.0);//Lokasi titik berada (x,y,z)
glVertex3f(0.75, 0.75, 0.0);//Lokasi titik berada (x,y,z)
glEnd();
glFlush();
}



